ICE 2020 Announcement

6794

ICE 2020 Announcement

Indonesia Coffee Events (ICE) 2020 akan diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) melalui Tim Kerja ICE 2020, yang akan diadakan pada 2 event terpisah di Jakarta dan Bali:

  • Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC) akan diadakan pada tanggal 12-15 Februari 2020 di Gedung SMESCO,
  • Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Cup Taster Championship (ICTC) dan Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC) Exhibition Preview akan diadakan pada tanggal 16-18 April 2020 di event Food, Hotel and Tourism (FHT) , Nusa Dua, Denpasar –

ICE 2020 akan diadakan hanya dalam satu babak Nasional saja, sementara babak regional (eliminasi) ditiadakan dan disatukan dengan event Nasional mengingat keterbatasan waktu. Fokus tim kerja lebih mengutamakan ketersediaan waktu bagi para pemenang nantinya untuk mempersiapkan kompetisi di tingkat dunia.

Seperti kita ketahui, pemenang dari tiap kompetisi akan mewakili Indonesia dalam kejuaran dunia di bawah naungan organisasi World Coffee Events (WCE) di mana pada tahun 2020, kompetisi-kompetisi WCE  akan diadakan di Melbourne, Australia pada bulan Mei (WBC dan WBrC) dan Warsawa, Polandia pada bulan Juni (WLAC dan WCTC) . ICE sendiri merupakan sebuah acara penting dan berskala besar (nasional) yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Berkaca pada pengalaman ICE-ICE terdahulu, dimana ketersediaan dana menjadi salah satu critical point kesuksesan acara, maka Tim Kerja ICE 2020 memikirkan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan pendanaan acara. Pengadaan properti pendukung, kelistrikan, dan biaya-biaya operasional lainnya yang jumlahnya sangat besar, secara mandiri akan diusahakan oleh tim Kerja ICE dan kemudian akan dipertanggungjawabkan kembali kepada SCAI. Dalam mempersiapkan acara ini, tim kerja ICE 2020 sudah mempersiapkan berbagai kesempatan untuk mendukung acara ini melalui sponsorship (bila berminat menjadi sponsor, dapat menghubungi sekretariat SCAI untuk mendapatkan proposal dan berbicara lebih lanjut), maupun menggalang dana dari acara tambahan lain (Coffee Village) dan tentunya dari biaya pendaftaran peserta.

Untuk tahun ini Tim Kerja ICE 2020 membuat suatu terobosan baru berupa sistem subsidi silang pada pengkategorian pendaftaran. Ada dua analogi utama yang bisa menggambarkan ide yang ingin ditawarkan, yaitu jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa baru pada PTN, yang mana seperti kita ketahui terdapat jalur SNMPTN (Jalur ujian umum terbuka) dan jalur Mandiri (Jalur langsung/khusus). Selain itu, contoh lain yang bisa menjadi perbandingan adalah analogi sistem jaminan kesehatan (seperti BPJS Kesehatan), di mana ada orang yang mampu dan membayar lebih (kelas 1) untuk turut menanggung beban mereka yang bahkan tidak membayar agar semua mendapat kesempatan pelayanan kesehatan yang setara/sepantasnya. Kiranya ide ini dapat dimengerti dengan prasangka positif tanpa ada maksud untuk mencari keuntungan berlebih melalui event ini dan dapat membantu Tim Kerja menggalang kebutuhan dana penyelenggaraan event ini. Bilapun dalam penyelenggaraan acara ini ada kelebihan dana, maka dana tersebut akan disiapkan sebagai dana awal persiapan ICE 2021.

Dengan demikian, kedua kategori pendaftaran ini adalah:

Open Online Registration

  • Mendaftar via Website/online provider, dengan sistem terbuka, waktu dan mekanisme pendaftaran akan diumumkan kemudian
  • Terbatas 2 (dua) peserta setiap perusahaan/membership SCAI setiap cabang kompetisi
  • Biaya Rp 1.500.000,- (Satu juta Lima ratus ribu rupiah) per PESERTA untuk member SCAI
  • Biaya Rp 3.500.000,- (Tiga juta Lima ratus ribu rupiah) per PESERTA untuk non- member SCAI
  • Quota terbatas 70% dari total peserta per cabang kompetisi

Direct Slot

  • Mendaftar via kontak ke sekretariat SCAI mulai tanggal 20 Desember 2019 hingga 10 Januari 2020. Slot terjamin setelah pembayaran diterima, dan terbuka selama quota masih
  • Terbatas maksimum 2 (dua) peserta setiap perusahaan/membership SCAI setiap cabang kompetisi
  • Free membership corporate SCAI 1 (satu)
  • Biaya Rp 15.000.000,- (Lima belas juta Rupiah) per PESERTA
  • Quota terbatas 30% dari total peserta per cabang

Total peserta per cabang kompetisi:

  • Indonesia Barista Championship (IBC) = 50 peserta
  • Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC) = 50 peserta
  • Indonesia Latte Art Championship (ILAC) = 36 peserta
  • Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) = 48 peserta
  • Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC) Exhibition Preview = 12 peserta

 

Untuk pendaftaran peserta dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat SCAI :

Rika : 0857 8003 1543

Fajar : 0877 8914 0881

 

Sampai jumpa di ICE 2020!

*catatan: Untuk kompetisi ICiGSC pemenang tidak akan dikirimkan ke kompetisi tingkat dunia, namun akan tersedia hadiah yang tidak kalah menarik. ICiGSC 2020 akan diadakan sebagai Exhibition Preview untuk persiapan ICiGSC 2021.